Trending di Twitter, Apa Sih Sebenarnya No Bra Day?

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:51 WIB
No Bra Day (Twitter)
No Bra Day (Twitter)

AYOPONTIANAK.COM-- Hari ini, Rabu, 13 Oktober 2021 jagad Twitter diwarnai banyaknya postingan yang menggunakan hastag #NoBraDay. Bahkan tercatat lebih dari 34.100 orang yang bercuit tentang hal tersebut hingga menjadi salah satu trending di Twitter.

Lantas apa sebenarnya No Bra Day itu dan makna dibalik perayaan yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai hari bebas bra tersebut?

Melansir Ayoyogya.com, No Bra Day diperingati setiap Oktober dan merupakan bagian dari kampanye pencegahan terhadap penyakit kanker payudara. Meski cara yang dilakukan mengundang kontroversi. Apalagi di belahan dunia timur.

Baca Juga: Waduh, YG Entertainment Tolak Hadiah yang Dikirimkan Penggemar BLACKPINK, Ada Apa?

Banyak yang gagal paham dan mengaitkan No Bra Day dengan pornografi, karena diartikan secara harfiah tidak memakai baju dalam, bra. Selain itu, ada juga yang meyakini bra tidak ada hubungannya dengan kanker payudara.

Memang sebagai bentuk peringatan No Bra Day, para perempuan diajak untuk menanggalkan sejenak bra atau ikut menyebarkan kampanye soal kesehatan payudara di media sosial dengan hashtag #nobraday.

Kampanye No Bra Day ini dibuat, agar para perempuan lebih sadar akan pentingnya pemeriksaan payudara secara rutin, baik itu yang dilakukan sendiri yang di Indonesia dikenal sebagai langkah periksa payudara sendiri (Sadari) maupun oleh dokter.

Baca Juga: Sebut Banyak Jenis Pekerjaan Bakal Hilang di Masa Depan, Presiden Minta Kampus Lakukan Inovasi Mata Kuliah

Gerakan kampanye ini dimulai sejak 2011 lalu dan awalnya dirayakan dalam dua kali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 9 Juli dan 19 Oktober. Namun, tiga tahun kemudian atau lebih tepatnya pada tahun 2014, No Bra Day digabungkan menjadi satu dan dirayakan setiap tanggal 13 Oktober.*

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Ayoyogya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X