Cegah Penambahan Kasus Covid-19 Varian Omicron, Luhut: Semua yang dari Luar Negeri Harus Dikarantina!

- Senin, 3 Januari 2022 | 23:42 WIB
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (ayopontianak.com/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (ayopontianak.com/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA,AYOPONTIANAK.COM– Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan tidak ada diskresi karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sebagaimana instruksi Menteri Dalam Negeri yang berlaku. 

“Kita tidak bisa memberikan diskresi-diskresi kebanyakan lagi karena kita hanya mengacu kepada instruksi Mendagri yang ada saja. Tadi Presiden mengingatkan, nanti kita  tidak disiplin dan kunci kita lihat Omicron berkembang di dunia manapun itu adalah masalah disiplin,” ujar Menko Marves dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta selepas rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Senin 3 Januari 2022. 

Dalam rapat tersebut, pemerintah juga memutuskan untuk memberlakukan karantina 10 hari dan tujuh hari. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, kebijakan karantina tersebut  bergantung pada asal negara datangnya PPLN tersebut. 

Baca Juga: Ramalan Zodiak 3 Januari 2022: Gemini, Virgo dan Aquarius Waktunya Butuh Tukar Pikiran dengan Orang Lain

“Tadi ditambahkan bahwa pemerintah juga akan menambah negara yang jumlah kasusnya tinggi. Nanti Pak Menko Marves akan memasukkan di dalam Satgas. Jadi dua negara yang relatif tinggi juga kita akan kenakan 10 hari, menambah dari 13 negara, sedangkan yang lain nanti di luar negara tersebut akan 7 hari,” ujar Menko Perekonomian. 

Selain itu, pemerintah juga mempersiapkan pintu masuk bagi para PPLN selain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Airlangga mengungkapkan sejumlah lokasi lain juga telah disiapkan beserta aturan karantina ketat seperti Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. 

Untuk pintu darat, Airlangga menuturkan, pemerintah juga telah menyiapkan pos lintas batas baik di Entikong, Kalimantan Barat, maupun di Kalimantan Timur. Sementara itu, akses masuk laut dipersiapkan di wilayah Sumatera. 

Baca Juga: Dave Laksono Gelar Nobar Piala AFF di Indramayu dan Cirebon, Sosialisasi Airlangga Hartarto sebagai Capres

“Selanjutnya juga yang masuk laut antara lain Batam, Tanjung Pinang, seluruh Kepri yang seluruhnya juga disiapkan terkait dengan kekarantinaan,” ungkapnya.  

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank BTN Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:24 WIB

Presiden Jokowi Terima PBNU, Bahas Persiapan R20 di Bali

Kamis, 22 September 2022 | 22:39 WIB

Bank BTN Ikut Salurkan BSU untuk Pekerja

Jumat, 16 September 2022 | 20:22 WIB

Laba Bersih BTN Melonjak 59,87 Persen

Kamis, 15 September 2022 | 13:27 WIB
X