Terima Kunjungan Resmi PM Anthony Albanese di Istana Bogor, Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi

- Senin, 6 Juni 2022 | 23:44 WIB
Upacara penyambutan resmi kunjungan resmi PM Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin 6 Juni 2022. (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Upacara penyambutan resmi kunjungan resmi PM Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin 6 Juni 2022. (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

BOGOR,AYOPONTIANAK.COM– Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin 6 Juni 2022. 

Setelah mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan, keduanya pun menggelar pertemuan bilateral. Dimana dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara membahas sejumlah upaya kerja sama bilateral utamanya dalam bidang ekonomi.

"Perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia misalnya untuk otomotif. Ekspor perdana mobil CPU (completely built up) buatan Indonesia ke Australia telah dimulai Februari lalu. Saya harapkan akses ekspor seperti ini akan terus terbuka," ucap Presiden Jokowi dalam keterangannya usai pertemuan berlangsung.

Baca Juga: Isi Kekosongan OPD, Wali Kota Edi Lantik 52 Pejabat Pemkot Pontianak

Selain mendorong perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia, Presiden Jokowi mengharapkan implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) utamanya dalam peningkatan kuota working holiday visa bagi para WNI untuk bekerja di Australia.

"Terutama terkait kesempatan WNI untuk bekerja di Australia dapat ditingkatkan termasuk penambahan kuota working holiday visa menjadi 5.000 peserta per tahun," ujar Presiden Jokowi.

Di samping itu, Kepala Negara menyambut baik kerja sama Indonesia-Australia di bidang pendidikan dan kesehatan. Dalam bidang pendidikan, Presiden berharap investasi Australia bagi perkembangan SDM di Indonesia terus meningkat.

Baca Juga: Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi Raih Indonesia Financial Top Leader Awards 2022

"Pembukaan kampus Monash University di BSD diharapkan meningkatkan investasi Australia bagi pengembangan SDM berketerampilan tinggi di Indonesia. Saya juga mengapresiasi investasi Aspen Medical untuk membangun 23 rumah sakit dan 650 klinik di Provinsi Jawa Barat senilai USD1 miliar selama 20 tahun," ujarnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahun 2045 Ditargetkan Zero Backlog Perumahan

Jumat, 25 November 2022 | 18:21 WIB

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 12:16 WIB

Tiga Fakta Menarik Rights Issue BBTN

Kamis, 17 November 2022 | 12:18 WIB

Terpopuler

X