Pembangunan Infrastruktur Dasar di IKN Resmi Dimulai

- Rabu, 22 Juni 2022 | 22:42 WIB
Presiden Jokowi bersama Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau pembangunan Bendungan Bendungan Sepaku Semoi, Rabu 22 Juni 2022 siang. (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi bersama Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau pembangunan Bendungan Bendungan Sepaku Semoi, Rabu 22 Juni 2022 siang. (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

PENAJAMPASERUTARA,AYOPONTIANAK.COM– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur resmi dimulai dengan keberadaan Persemaian Mentawir dan Bendungan Sepaku Semoi.

“Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan basic di infrastruktur sudah mulai. Juli nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga dimulai,” ucap Presiden Jokowi usai meninjau proses pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Rabu 22 Juni 2022 siang.

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Sepaku Semoi tersebut akan memenuhi kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk IKN nantinya. Dimana air dari bendungan tersebut akan menjadi air baku untuk diolah, termasuk untuk air minum.

Baca Juga: Amankan 1 Kilogram Sabu-sabu dari Tangan Pengedar, Polisi: Akan Diedarkan di Surabaya

“Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum,” kata Presiden Jokowi.  

Selain bendungan, infrastruktur lainnya yang terkait pembangunan IKN adalah Persemaian Mentawir yang dikatakan Presiden Jokowi sebagai wujud nyata keseriusan pemerintah dalam menata lingkungan, utamanya di kawasan IKN.

"Kita mau menunjukkan bahwa kita serius urusan lingkungan, itu serius. Justru kita enggak bangun di sini itu lingkungan makin rusak. Itu aja yang harus digarisbawahi," ujar Presiden Jokowi.

Dalam pembangunan IKN, Kepala Negara menargetkan komposisi alam nantinya sebesar 75 hingga 80 persen. Hal tersebut, kata Presiden Jokowi, sesuai dengan konsep IKN sebagai kota di dalam hutan atau forest city. 

Baca Juga: Lalu Lintas Hewan Ternak dari Luar Daerah Dibatasi Karena PMK, Harga Sapi di Pontianak Melonjak

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X