Pimpin Prasetya Perwira Tahun 2022, Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri

- Kamis, 14 Juli 2022 | 23:44 WIB
Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 754 orang dari matra TNI dan Kepolisian di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022.  (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 754 orang dari matra TNI dan Kepolisian di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022. (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA,AYOPONTIANAK.COM– Presiden-Joko-Widodo">Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2022. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 754 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Baca Juga: Harga Komoditas Naik, Sektor Perumahan Bakal Jadi Primadona

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Muhammad Arief Rachman (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Patih Agung Purba (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan, Jeremy Hugo Farrel Suryadi (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Katolik, dan Kadek Ayu Widya Lestari (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 45/Polri Tahun 2022.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Rafi Naufal Afriansyah dari Akademi Militer, Elang Tri Esthi Fitrananda dari Akademi Angkatan Laut, Jeremia Zophie Pramudya dari Akademi Angkatan Udara, dan Adira Rizky Nugroho dari Akademi Kepolisian.

Baca Juga: bank bjb Kolaborasi dengan Jalin Dorong Inklusi Keuangan Nasional Melalui Digitalisasi

Sementara dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan selamat dan rasa bangganya atas pelantikan para perwira remaja TNI dan Polri tersebut. Presiden memahami bahwa perjuangan para perwira remaja TNI dan Polri tersebut sangat berat dan panjang.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X