Bertemu Presiden RRT, Ini Tujuh Kesepakatan yang Dibahas Presiden Jokowi

- Selasa, 26 Juli 2022 | 23:40 WIB
Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan  Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang digelar di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa  26 Juli 2022 sore.  (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang digelar di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa 26 Juli 2022 sore. (ayopontianak.com/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

BEIJING,AYOPONTIANAK.COM– Sebanyak tujuh kesepakatan dihasilkan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan  Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang digelar di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa  26 Juli 2022 sore. 

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya usai pertemuan mengatakan, dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Premier Li dan Presiden Xi di Beijing, kedua negara telah menyepakati sejumlah kesepakatan. 

Yakni, pembaruan MoU Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative, MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika, MoU mengenai Pembangunan Hijau, Pengaturan Kerja sama Kelautan, Protokol mengenai ekspor nanas Indonesia, Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan serta Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.

Baca Juga: Dorong Gaya Hidup Sehat, bank bjb Dukung Pocari Sweat Run Indonesia 2022

Selain itu, selama dalam pertemuan tersebut, keduanya juga membahas berbagai isu, antara lain isu kawasan dan dunia serta masalah perekonomian.

“Sebagai negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki tempat yang penting bagi RRT dan kawasan. Apalagi saat ini Indonesia memegang Presidensi G20 dan tahun depan menjadi Ketua ASEAN,” ucap Retno.

Isu G20 dan ASEAN juga dibahas dalam pertemuan. 

Indonesia sampaikan penghargaan atas dukungan RRT terhadap keketuaan Indonesia di G20. Mengenai ASEAN, Indonesia berkomitmen untuk menjadikan ASEAN relevan, tidak saja bagi masyarakat Indonesia namun juga untuk kawasan dan dunia,” tutur Retno.

Baca Juga: bank bjb Dorong UMKM Go Global via Digitalisasi, Pembiayaan dan Pemberdayaan

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X