Setelah Enam Tahun Pembangunan, Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Diresmikan Presiden Jokowi

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:34 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa 9 Agustus 2022. (ayopontianak.com/dok. Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa 9 Agustus 2022. (ayopontianak.com/dok. Sekretariat Presiden)

MEMPAWAH,AYOSOLO.ID– Setelah memakan waktu pembangunan selama kurang lebih enam tahun akhirnya Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa 9 Agustus 2022. 

Didampingi Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan kehadiran pelabuhan ini akan memperkuat daya saing Provinsi Kalimantan Barat.

"Pelabuhan ini akan memperkuat competitiveness, daya saing dari produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh Provinsi Kalimantan Barat, karena di sini memiliki kekuatan besar crude palm oil (CPO), alumina, bauksit, dan produk-produk lainnya," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Redam Guncangan Ekonomi Global, Menkeu: RAPBN 2023 Akan Dirancang Fleksibel

Pembangunan Terminal Kijing sendiri diketahui dilakukan sejak tahun 2016 dan selesai pada Mei 2022 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp2,9 triliun. Pelabuhan ini sendiri merupakan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan yang memiliki kapasitas 500 ribu TEUs dan 8 juta nonpeti kemas.

"Jangan sampai investasi yang besar seperti itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antarpelabuhan, antarpulau, dan antarnegara," imbuhnya.

Kepala Negara juga meminta kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar akses jalan dari pelabuhan tersebut menuju Kota Pontianak bisa diperlebar. Dengan demikian, diharapkan perjalanan kendaraan pengangkut kontainer bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Pemerintah Akan Bangun Pusat Pelatihan Sepak Bola di IKN

"Ini Pak Menteri PU hadir, diselesaikan sekalian, sehingga perjalanan kontainer maupun yang nonpeti kemas bisa lancar dan tujuan akhir kita memperkuat daya saing itu bisa kita lakukan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank BTN Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:24 WIB

Presiden Jokowi Terima PBNU, Bahas Persiapan R20 di Bali

Kamis, 22 September 2022 | 22:39 WIB

Bank BTN Ikut Salurkan BSU untuk Pekerja

Jumat, 16 September 2022 | 20:22 WIB

Laba Bersih BTN Melonjak 59,87 Persen

Kamis, 15 September 2022 | 13:27 WIB
X