Lima Tokoh Bakal Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Salah Satunya dari Kalimantan Barat

- Sabtu, 5 November 2022 | 23:37 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022. (ayosolo.id/Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022. (ayosolo.id/Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

BOGOR,AYOSOLO.ID– Salah satu tokoh asal Provinsi Kalimantan Barat, almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra bakal mendapatkan anugerah gelar Pahlawan Nasional dari Pemerintah Indonesia tahun ini. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan mengatakan pihaknya sudah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan telah diputuskan untuk menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang dipilih berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

"Hari ini Bapak Presiden sesudah berdiskusi dengan kami, dengan Dewan Gelar dan Tanda-Tanda Kehormatan, itu memutuskan tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," ujar Mahfud MD.

Baca Juga: BTN Dorong Milenial Duduki Jabatan Strategis

Adapun almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra, menurut Mahfud MD dipilih karena almarhum telah menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling pada saat kemerdekaan. 

“Bahkan, almarhum bersama istrinya dijatuhi hukuman mati oleh Jepang karena perjuangannya yang gigih untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” paparnya.

Adapun empat tokoh lainnya, adalah almarhum DR. dr. H. R. Soeharto dari Jawa Tengah karena dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dan setelah kemerdekaan ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

Baca Juga: bank bjb Teken Kerjasama Pemanfaatan Produk Perbankan dengan PT ASDP Indonesia Ferry

"Ikut pembangunan department store syariah dan pembangunan Monumen Nasional serta Masjid Istiqlal dan pembangunan Rumah Sakit Jakarta serta salah seorang pendiri berdirinya IDI (Ikatan Dokter Indonesia)," ungkap Mahfud.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahun 2045 Ditargetkan Zero Backlog Perumahan

Jumat, 25 November 2022 | 18:21 WIB

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 12:16 WIB

Tiga Fakta Menarik Rights Issue BBTN

Kamis, 17 November 2022 | 12:18 WIB

Terpopuler

X