Kota Pontianak Turun ke PPKM Level 2, Walikota Ajak Masyarakat Tetap Waspada

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:27 WIB
Rakor Satgas Covid-19 Kota Pontianak  (Prokopim Pemkot Pontianak )
Rakor Satgas Covid-19 Kota Pontianak (Prokopim Pemkot Pontianak )

PONTIANAK,AYOPONTIANAK.COM-- Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 48 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Kota Pontianak masuk dalam kategori Level 2 bersama 12 kota/Kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Hal itu pun disambut baik oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Meski demikian pihaknya pun mengingatkan masyarakat untuk tidak terlena dan abai terhadap protokol kesehatan (prokes).

"Kita tetap mengantisipasi apabila terjadi gelombang ketiga, terutama adanya varian baru," ujarnya usai rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19 di Aula Mapolresta Pontianak Kota, Selasa, 5 Oktober 2021.

Edi menyebut, potensi-potensi masuknya varian baru Covid-19 di Kota Pontianak tidak menutup kemungkinan terjadi. Terlebih sekembalinya Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia, baik mereka yang masuk melalui jalur perbatasan resmi maupun tidak resmi. Sehingga hal ini patut diwaspadai semua pihak agar jangan sampai terjadi lonjakan gelelombang ketiga penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Berbelanja Dapat Menjaga Kesehatan Mental, Ini Kata Ahli

"Seperti halnya terjadi di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Australia yang kembali terjadi lonjakan kasus Covid-19," tutur Edi.

Ia juga menginstruksikan agar terus menggenjot vaksinasi agar target 70 persen dari total sasaran bisa tercapai Oktober ini.

"Stok vaksin masih tersedia. Setiap vaksin datang, langsung didistribusikan untuk divaksinkan ke masyarakat," ucapnya.

Kemudian untuk tracing dan testing juga diperbanyak untuk memantau warga yang terkonformasi terpapar Covid-19.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Pontianak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X