Prakiraan Cuaca Kota Pontianak 12 Januari 2022: Waspadai Hujan Disertai Petir

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:15 WIB
ilustrasi hujan petir (pixabay)
ilustrasi hujan petir (pixabay)

PONTIANAK,AYOPONTIANAK.COM– Prakiraan Cuaca Kota Pontianak hari ini, Rabu 12 Januari 2022 agak tak bersahabat. Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir serta angin kencang yang akan terjadi. 

BMKG memperkirakan Prakiraan Cuaca Kota Pontianak akan berubah-ubah mulai dari berawan hingga hujan petir. Dengan suhu udara berkisar mulai dari 24 derajat celcius hingga 31 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban mencapai 60 hingga 95 persen. 

Cuaca sejak pagi hingga menjelang siang relatif bersahabat dengan cuaca berawan dan suhu udara 27 derajat celcius dan tingkat kelembaban 75 persen. Angin juga berhembus namun tak terlalu kencang dengan kecepatan angin 10 km per jam.

Baca Juga: Kosgoro 1957 Instruksikan Kader Gaungkan Toleransi untuk Tahun 2022

Namun memasuki siang hari cuaca berubah mendadak saat cuaca dari berawan menjadi hujan petir. Tak hanya cuaca, suhu udara juga berubah ekstrim yakni baik menjadi 31 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 60 persen. Angin juga berhembus lebih kencang dengan kecepatan angin 20 km per jam. Karena itu masyarakat diminta untuk waspada, khususnya yang melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Cuaca kembali berubah memasuki sore hari. Yakni dari hujan petir menjadi hujan lebat dengan suhu udara yang masih sama yakni 31 derajat celcius. Pun dengan kecepatan angin yang masih kencang di angka 20 km per jam. Namun untuk tingkat kelembaban mulai naik menjadi 65 persen. 

Hujan baru reda saat malam hari, yakni mulai pukul 19.00 WIB. Dimana cuaca berubah dari hujan lebat menjadi berawan tebal dengan suhu udara turun tajam menjadi 25 persen dan tingkat kelembaban 90 persen. Untuk kecepatan angin turun menjadi 10 km per jam. 

Baca Juga: Daya Saing Daerah Kota Pontianak Masuk 15 Besar Tertinggi di Indonesia

Cuaca kembali berubah saat malam bertambah larut, yakni menjadi berawan dengan suhu udara mencapai 24 derajat celcius dan tingkat kelembaban 95 persen. Sedangkan untuk kecepatan angin masih sama yakni 10 km per jam. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X