Ground Breaking Duplikasi Jembatan Kapuas I Dimulai Juni

- Kamis, 31 Maret 2022 | 17:05 WIB
Jembatan Kapuas  (ayopontianak.com/Prokopim Pemkot Pontianak)
Jembatan Kapuas (ayopontianak.com/Prokopim Pemkot Pontianak)

PONTIANAKKOTA,AYOPONTIANAK.COM-- Rencana pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas (JK) I terus bergulir. Bahkan Juni mendatang dijadwalkan sudah dilakukan ground breaking pemancangan tiang pertama.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, perkembangan terakhir proses konstruksi pembangunan duplikasi JK I sampai hari ini, diakuinya sedang dalam tahap menuju pelelangan.

“Saya selalu monitor per hari bahkan untuk mengikuti perkembangan. Sekarang di tingkat pusat (nasional) sedang dalam proses pelelangan,” jelasnya, Kamis 31 Maret 2022.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Pontianak 31 Maret 2022: Cerah dan Cerah Berawan Sepanjang Hari

Ia memaparkan, sebelum ground breaking, April dilakukan lelang proyek pembangunan dan saat ini untuk Detailed Engineering Design (DED) duplikasi JK I masih dalam tahap revisi. 

Sedangkan untuk anggaran, akan menggunakan APBN tahun 2022 dan 2023 karena memang proyek pembangunan duplikasi JK I tersebut memang akan dikerjakan multiyears. 

“Nanti juga sekaligus ada pelebaran Jalan Sultan Hamid II. Total anggaran sekitar Rp400 miliar, itu termasuk jembatan dan pelebaran. Kalau pembebasan lahan itu Rp47 miliar,” terang dia.

Untuk ukuran panjang jembatan, lanjut Edi, kurang lebih 400 meter mulai dari oprit jembatan sampai dengan turunan. Pelebaran jalan juga dilakukan mulai dari ujung Jalan Tanjungpura sampai keseluruhan Jalan Sultan Hamid II. Proyek ini ditafsir mampu memperlancar 80 persen arus lalu lintas.

Baca Juga: bank bjb Selenggarakan RUPST Tahun Buku 2021, BJBR Tebar Dividen Rp1,042 Triliun

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Saat Isu Akuisisi, Laba BTN Syariah Menggila

Minggu, 18 September 2022 | 16:15 WIB

Komanda Sukses Sulap TPA Batu Layang Jadi Bukit Hijau

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 23:54 WIB
X