Disamarkan Jadi Paket Makanan, Upaya Penyelundupan 10 Ekor Biawak Tanpa Telinga Berhasil Digagalkan

- Rabu, 27 April 2022 | 19:39 WIB
ilustrasi paket (pixabay)
ilustrasi paket (pixabay)

PONTIANAKTENGGARA,AYOPONTIANAK.COM– Upaya penyelundupan 10 ekor biawak tanpa telinga berhasil digagalkan, usai petugas mencurigai isi kotak paket yang bertuliskan makanan ringan.

Koordinator Pos Bandara Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat (Kalbar), Uswatun Khasana mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman lebih lanjut terhadap upaya penyelundupan tersebut. 

“Setelah mendapat laporan, lami langsung melakukan identifikasi di lapangan dan setelah dilakukan pengecekan memang benar ada satwa di dalam paket pengiriman dan akan kita cek untuk diidentifikasi," kata dia, dilansir dari suarakalbar.id– jarongan ayopontianak.com.

Baca Juga: Nekat Buka Saat Ramadhan, Satu Tempat Hiburan Malam di Pontianak Disegel Satpol PP

Sebagaimana diketahui, biawak tanpa telinga memang merupakan salah satu hewan yang dilindungi keberadaannya. Kadal endemik Kalimantan ini satu-satunya jenis yang masih hidup dari familia Lanthanotidae dan berkerabat dekat dengan jenis-jenis biawak lainnya. 

Sementara itu, terkait kronologi pengungkapan upaya penyelundupan tersebut, Petugas Operasional Regulated Agent Borneo Trans Mandiri, di Jalan Arteri Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, Rian Endra mengatakan, paket yang bertuliskan gabungan paket makanan ringan tersebut diterima petugas Selasa 26 April 2022 sekitar pukul 10.00 WIB

"Alamatnya pengirim dan tujuannya jelas ke Medan. Kemudian sesuai dengan Standart Operasional Prosedur dengan menggunakan X-Ray namun terdapat kejanggalan karena mesin X-Ray mendeteksi ada benda aneh,makanya kita cek,” ujarnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Pontianak 27 April 2022: Siapkan Payung dan Jas Hujan di Siang Hari

“Pengecekan ini harus tertera dari isi paket dan manifest,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: suarakalbar.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X