Diperbolehkan Digelar di Tempat Terbuka, Depan Kantor Wali Kota Pontianak Jadi Salah Satu Lokasi Salat Ied

- Jumat, 29 April 2022 | 17:14 WIB
Pelaksanaan Sholat Ied sebelum Pandemi Covid-19. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)
Pelaksanaan Sholat Ied sebelum Pandemi Covid-19. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)

PONTIANAKKOTA,AYOPONTIANAK.COM– Tak hanya memperbolehkan mudik Lebaran, Pemerintah tahun ini juga memperbolehkan digelarnya Salat Ied 443 Hijriyah di tempat terbuka, seperti di lapangan. 

Di Kota Pontianak sendiri, direncanakan salah satu lokasi dilaksanakannya Salat Ied adalah di depan Kantor Wali Kota Pontianak di Jalan Rahadi Usman, yang akan digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya kala kasus Covid-19 tengah menanjak, tahun ini Salat Id dilaksanakan lebih leluasa karena tidak ada lagi pembatasan-pembatasan. Dengan adanya kelonggaran ini, ia berharap pelaksanaan Salat Id tersebar di banyak tempat.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Pontianak 29 April 2022: Hujan Hanya di Malam Hari

"Sehingga tidak terjadi penumpukan di satu atau dua titik lokasi saja," ujarnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak itu juga mengingatkan, meski tahun ini ada pelonggaran dimana pelaksanaan salat tanpa memberlakukan jarak saf, namun ia berharap jamaah tetap mengenakan masker. Hal ini guna mengantisipasi tertularnya virus Covid-19.

"Jadi meskipun tidak ada pembatasan jarak antar jamaah, tetapi kita tetap berpatokan pada protokol kesehatan yakni tetap mengenakan masker," ungkap Edi.

Sementara itu, terkait pelaksanaan Salat Ied di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Ketua Umum PHBI Kota Pontianak Yaya Maulidia mengatakan, pihaknya saat ini telah mempersiapkan rencana pelaksanaan kegiatan tersebut. 

Baca Juga: Hadapi Gejolak Ekonomi Global, Ini Tujuh Arahan Presiden Jokowi

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Pontianak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X