Lebaran di Yogyakarta, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Salat Idulfitri di Halaman Gedung Agung

- Senin, 2 Mei 2022 | 11:59 WIB
Presiden Jokowi menunaikan Salat Ied di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep, Senin 2 Mei 2022. (ayopontianak.com/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi menunaikan Salat Ied di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep, Senin 2 Mei 2022. (ayopontianak.com/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

YOGYAKARTA,AYOPONTIANAK.COM– Meski memperbolehkan masyarakat untuk Mudik Lebaran tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) justru tak pulang kampungnya di Kota Solo. Ia bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi memilih untuk berlebaran di Kota Yogyakarta. 

Tiba di kota gudeg sejak Sabtu 30 April 2022, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan salat Idulfitri di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin 2 Mei 2022.

Keduanya ditemani putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep, sedangkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka yang menjabat sebagai Wali Kota Solo,  bersama istri dan anak-anaknya melaksanakan salat ied di halaman Balai Kota Solo. Begitu juga dengan anak kedua Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang melaksanakan salat ied di Lapangan Merdeka, Medan bersama suaminya, Bobby Nasution yang menjabat sebagai Wali Kota Medan. 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Pontianak 2 Mei 2022: Didominasi Cerah Berawan

Sekitar pukul 06.28 WIB, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, tampak keluar dari Gedung Agung menuju halaman depan. Presiden langsung menempati saf paling depan, sementara Ibu Iriana menempati tempat yang telah ditentukan bagi jemaah wanita di sebelah kiri. Tepat pada pukul 06.35 WIB salat Idulfitri pun dimulai. 

Salat Idulfitri tersebut diselenggarakan secara terbatas dan diikuti perangkat kepresidenan, Paspampres, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta. Bertindak selaku imam dan khatib dalam kesempatan tersebut yaitu Masmin Afif yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara itu, bertindak sebagai bilal adalah Abdul Rosyid, pengurus Masjid Darussalam Istana Yogyakarta.

Dalam khotbahnya selepas salat, khatib menyampaikan khotbah yang bertema "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi". Khatib berujar bahwa Idulfitri adalah momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat dengan saling peduli, berbagi, dan menghargai, saling merajut silaturahmi, menyapa dan memaafkan, serta mengaktualisasikan nilai-nilai fitrah dalam perbuatan nyata dan perilaku mulia. 

Baca Juga: Festival Ditiadakan, Meriam Karbit Tetap Meriahkan Suasana Tepian Sungai Kapuas Jelang Lebaran

"Semoga momentum Idulfitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban, di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah Swt.," ujar khatib.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X