Unik, Cara Kelurahan Pal Lima Turunkan Angka Stunting dengan Daun Kelor

- Senin, 23 Mei 2022 | 22:58 WIB
ilustrasi daun kelor (pixabay)
ilustrasi daun kelor (pixabay)

PONTIANAKBARAT,AYOPONTIANAK.COM– Langkah unik dilakukan Kelurahan Pal Lima, Kecamatan Pontianak Barat untuk menurunkan angka stunting pada balita. Yakni dengan memanfaatkan daun kelor.

Meski sekilas terasa aneh, namun cara ini ternyata cukup efektif untuk menurunkan angka stunting di kelurahan tersebut, dimana hanya dalam kurun waktu satu tahun jumlah balita yang menderita stunting bisa turun hingga 50 persen. 

“Tahun 2020 angka stunting Kelurahan Pal Lima tercatat sebesar 14 persen. Kemudian pada 2021 stunting di wilayah kelurahan itu berhasil ditekan menjadi hanya tujuh persen,” ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak, Multi Juto Bhatarendro.

Baca Juga: 2 Direksi Wanita bank bjb Masuk TOP 100 Most Outstanding Women 2022

Adapun pemanfaatan daun kelor yang dimaksud, Multi memaparkan yakni dengan mengolah daun kelor menjadi bahan makanan untuk diberikan kepada anak-anak. Salah satunya menyulap tanaman yang memiliki nama latin Moringa ini menjadi bubur atau agar-agar. 

"Daun kelor ini cepat tumbuhnya, tinggal diambil daunnya diseduh dan diolah misalnya menjadi bubur atau agar-agar sebagai asupan makanan bagi anak-anak," kata dia.

Bukan rahasia lagi jika daun kelor memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan mineral dan vitamin. Bahkan, kalium yang ada pada daun kelor tujuh kali lipat lebih tinggi dibandingkan buah pisang. Sehingga tak heran jika tanaman kelor sering dijuluki sebagai tanaman ajaib. 

Baca Juga: Puncak HUT bank bjb ke-61: Launching New Experience DIGI by bank bjb Menuju Superapps, Hingga Berbagai Hiburan

“Jadi inovasi yang dilakukan Kelurahan Pal Lima dinilainya tepat dalam rangka menurunkan angka stunting. Apalagi daun kelor mudah didapat dan ditanam oleh masyarakat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Pontianak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Saat Isu Akuisisi, Laba BTN Syariah Menggila

Minggu, 18 September 2022 | 16:15 WIB

Komanda Sukses Sulap TPA Batu Layang Jadi Bukit Hijau

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 23:54 WIB
X