Agustus Mulai Pembangunan, Duplikasi Jembatan Kapuas 1 Selesai Tahun Depan

- Rabu, 6 Juli 2022 | 23:38 WIB
Jembatan Kapuas 1 yang akan diduplikasi. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)
Jembatan Kapuas 1 yang akan diduplikasi. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)

PONTIANAK,AYOPONTIANAK.COM-- Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan proses pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I akan dimulai Agustus mendatang dengan ditandai pemancangan tiang pertama.

"Artinya kalau ini dimulai, Insya Allah tahun depan sudah ada duplikasi jembatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memperlancar arus lalu lintas," ujarnya.

Sebagaimana diketahui duplikasi Jembatan Kapuas 1 memang sangat dinantikan masyarakat. Sebab dengan dibangunnya jembatan kedua tersebut maka otomatis akan mengatasi masalah kemacetan yang sering terjadi di kawasan tersebut. Sehingga akan membuat arus lalu lintas yang melintasi jembatan dari arah Pontianak Selatan ke Pontianak Timur atau sebaliknya menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong Transformasi Polri Jadi Institusi Modern

Edi mengatakan, kepastian waktu pembangunan tersebut didapatkannya saat menghadiri rapat koordinasi terkait rencana pelebaran Jalan Sultan Hamid II yang nantinya dijadikan dua jalur. 

Pelebaran jalan itu juga bertujuan mengatasi masalah kepadatan lalu lintas mulai dari simpang Hotel Garuda Pontianak Selatan hingga persimpangan Jalan Gusti Situt Mahmud Pontianak Utara.

 "Kita semua berharap semoga pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I beserta pelebaran Jalan Sultan Hamid II berjalan lancar sehingga masyarakat merasakan manfaatnya," ucapnya.

Baca Juga: Dorong Capaian Vaksinasi, Pemerintah Tetapkan Booster Jadi Syarat Kegiatan dan Perjalanan

Selain itu, Edi juga menjelaskan progres pembangunan waterfront Kapuas Indah - Pelabuhan Seng Hie. Menurutnya, pembangunan waterfront tersebut tahun ini akan rampung. Setelah itu, ia berencana menjadikan kawasan sepanjang Jalan Sultan Muhammad sebagai kawasan kuliner yang nantinya mulai dibuka sore hingga malam. Sebab pada pagi hingga sore, kawasan tersebut menjadi pusat aktivitas perdagangan. Sementara sore hingga malam harinya sudah lengang sehingga bisa dimanfaatkan untuk berjualan kuliner.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Pontianak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X