Hubungkan Bandar-Siantan, Jembatan Garuda Bakal Didanai Investor

- Kamis, 28 Juli 2022 | 23:59 WIB
Grand design Jembatan Garuda yang akan dibangun oleh investor di Kota Pontianak. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)
Grand design Jembatan Garuda yang akan dibangun oleh investor di Kota Pontianak. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)

PONTIANAKKOTA,AYOPONTIANAK.COM-- Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggandeng investor untuk membangun jembatan penghubung Jalan Bardan hingga Terminal Siantan.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, jembatan yang memiliki panjang 350 meter dan lebar 30 meter tersebut dibangun dalam bentuk Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

Dari desain yang dipaparkan oleh investor, terlihat bangunan jembatan yang dinamai Jembatan Garuda berdiri megah. Ada empat jalur jalan dengan di bagian tengahnya berbentuk lingkaran.

Baca Juga: bank bjb Catatkan Laba Rp1,49 Triliun di Triwulan II 2022

"Aturan regulasinya sudah ada dan kita menggandeng investor dari Indonesia dan Cina karena ini sangat konkrit dan spektakuler di Kota Pontianak," ujarnya usai pemaparan rencana pembangunan Jembatan Garuda di Ruang Pontive Center, Kamis 28 Juli 2022.

Menurutnya, kajian rencana pembangunan Jembatan Garuda sudah berjalan beberapa bulan belakangan. Kehadiran jembatan ini nantinya akan menghubungkan Jalan Tanjungpura Pontianak Kota dan Jalan Gusti Situt Mahmud dan Khatulistiwa Pontianak Utara yang berstatus jalan nasional.

"Mudah-mudahan Jembatan Garuda ini bisa mengatasi persoalan transportasi dan kemacetan di kedua wilayah, apalagi pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I juga dibangun, tentunya kemacetan yang kerap terjadi bisa terurai," jelasnya.

Baca Juga: Bertemu Presiden RRT, Ini Tujuh Kesepakatan yang Dibahas Presiden Jokowi

Keterlibatan pemerintah pusat seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bappenas, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan menjadi titik awal terwujudnya jembatan tersebut. Meski dirinya belum bisa memastikan kapan dimulainya pelaksanaan pembangunan Jembatan Garuda, namun diakuinya proses rencana pembangunan sudah dilakukan dua bulan lalu.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Pontianak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X